Sistem Informasi SAKTI secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan sistem informasi yang melayani kebutuhan mahasiswa akan informasi dan transkasi yang diperlukan selama menjalani perkuliahan. SAKTI juga menjadi portal informasi bagi dosen dalam melaksanakan tugas pengajaran. Secara spesifik SAKTI adalah sistem informasi sebagai satu portal untuk mahasiswa memperoleh informasi yang berkaitan dengan proses perkuliahan. SAKTI juga sebagai perwakilah perguruan tinggi bagi orang tua untuk mengawasi proses perkuliahan putra-putrinya.

Penilaian mata kuliah teori ada 3 yaitu meliputi nilai UTS, UAS dan nilai tugas. Untuk presentase dari setiap nilai tergantung dengan kontrak perkuliahan. Sedangkan penilaian untuk mata kuliah praktikum juga ada 3 yaitu meliputi nilai UTS, UAS dan nilai harian. Sebenarnya untuk penilaiannya hampir sama, hanya saja perbedaannya ada pada nilai tugas dan harian. Untuk nilai tugas pada mata kuliah teori adalah benar-benar nilai yang didapat dari tugas yang diberi oleh dosen. Sedangkan nilai harian pada mata kuliah praktikum adalah nilai yang didapat pada saat mahasiswa didalam kelas, yaitu tentang keaktifan dan nilai saat mahasiswa dapat mengerjakan tes di kelas.

Pada kurikulum baru terdapat penyelenggaraan mata kuliah baru yaitu menggabungkan mata kuliah praktikum dan mata kuliah teori menjadi satu mata kuliah. Dengan adanya penggabungan ini maka Sistem Informasi SAKTI diharuskan untuk dapat memberikan fitur baru untuk dapat mengelola jalannya perkuliahan, baik tentang teori ataupun penilaiannya. Untuk penilaiannnya sendiri sama seperti sebelumnya hanya saja penilaian praktikum akan muncul pada halaman dosen. Nilai praktikum digunakan sebagai komponen dari nilai tugas, tetapi tidak dapat dirubah oleh dosen.