STIKI Malang mengadakan kuliah tamu dengan tema ‘Modern Management with Scrum Using Pivoltracker’ pada tanggal 21 bulan Juni 2019.  Dengan Edo Noviandy sebagai pembicara sekaligus sebagai scrum master menjelaskan tentang apa itu SCRUM secara detail dalam kapasitasnya sebagai keynote speaker.

Scrum adalah salah satu metode Software Development Life Cycle, yang digunakan untuk mengimplementasikan pengembangan Agile. Scrum bermula ketika anak buah Jeff Sutherland yang bekerja di Easel Corporation membaca tulisan dari Professor Takeuchi Tanaka yang dimuat di Harvard Business Review mengenai manajemen proyek pada tahun 1993. Sejak itu, Scrum telah berangkat menjadi pilihan utama lainnya dari pendekatan pengembangan produk klasik lainnya. Scrum telah diadopsi oleh banyak manajer yang ingin memastikan bahwasanya mereka menghasilkan produk yang terbaik mungkin dan oleh developer yang ingin memastikan bahwasanya mereka bisa melakukan pekerjaan mereka dengan sebaik mungkin.

Scrum memiliki beberapa kelebihan yaitu tim berukuran kecil sehingga melancarkan komunikasi, mengurangi biaya dan memberdayakan satu sama lain, pekerjaan terbagi-bagi sehingga dapat diselesaikan dengan cepat, dokumentasi dan pengujian terus menerus dilakukan setelah software dibangun, proses Scrum mampu menyatakan bahwa produk selesai kapanpun diperlukan.

“Scrum dapat di Implementasikan dalam pekerjaan saya di KTI. Di KTI terdapat suatu project yang dihandle oleh beberapa orang, dengan metode scrum ini sangat memungkinkan untuk digunakan dalam proses pengerjaan project agar menghasilkan suatu aplikasi yang sesuai dengan keinginan client dan mengorganisasikan para developer” Ungkap Galih Satriawan, Asisten Sistem Informasi KTI yang mengikuti kuliah tamu.